Beranda / Profil Desa / Demografi Penduduk
Demografi Penduduk

Kondisi Demografis dan Monografi Desa Manggung

Perkembangan Kabupaten Boyolali dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan perubahan yang signifikan dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat Boyolali. Keberadaannya saat ini tentunya membuat bangga bagi seluruh warga Boyolali, sehingga tidak merasa malu jika ditanya asal atau domisili oleh orang lain.

Desa Manggung merupakan salah satu dari 12 Desa yang ada di  wilayah Kecamatan Ngemplak. Desa Manggung berbatasan dengan Desa Sembungan Kecamatan Nogosari di Sebelah Utara, Desa Giriroto dan Desa Kismoyoso di Sebelah Timur. Di sebelah selatan Desa Manggung berbatasan dengan Desa Dibal dan Desa Potronayan Kecamatan Nogosari di sebelah barat.

Desa Manggung berjarak 7 kilometer dari pusat pemerintahan kecamatan dan 25  kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten. Jarak pusat pemerintahan Desa Manggung dengan Semarang sebagai ibu kota Provinsi berjarak 90 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat dan 500 kilometer dari pusat pemerintahan negara.

Desa Manggung merupakan salah satu desa di Kecamatan Ngemplak yang memiliki luas 422,38 Ha atau sekitar 9,12% dari luas Kecamatan Ngemplak. 

Desa Manggung dibagi menjadi tiga wilayah kepala dusun yang terdiri dari 38 RT dengan pembagian sebagai berikut:

Kepala Dusun I: Dukuh Jeponan, Dukuh Jeponan Kidul, Dukuh Bangkingan dan Dukuh  Genengan

Kepala Dusun II: Dukuh Manggung dan Dukuh Trinilian

Kepala Dusun III: Dukuh Betongan dan Dukuh Karangsono

Kependudukan dan Ketenagakerjaan

Jumlah penduduk Desa Manggung berdasarkan data pada Kecamatan Ngemplak dalam Angka tahun 2016  sebanyak 6263 Jiwa terdiri dari laki-laki sejumlah 3187 jiwa dan Perempuan  3076  jiwa dengan kepadatan 1,48 jiwa per kilometer persegi. Penduduk Desa Manggung berdasarkan data Tahun 2015 dengan melihat data Kecamatan Ngemplak dalam Angka 2016 maka berdasar agama jumlah penduduk yang menganut agama Islam berjumlah 6.251 jiwa dan sisanya menganut agama lainnya (Kristen, Katolik, Budha).

Desa Manggung sebagai salah satu desa yang berada pada Kecamatan Ngemplak dan tidak terlalu jauh dari jalan ke asrama haji Donohudan ini memiliki luas wilayah sebesar  memiliki luas 422,38 Ha atau sekitar 9,12% dari luas Kecamatan Ngemplak Secara administrasi Desa Manggung terdiri dari 3 dusun, 7 RW (Rukun Warga) dan 38 RT (Rukun Tetangga).

Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk (2012-2015)

Tahun

Jumlah Penduduk

Pertumbuhan

2012

6023

 

2013

6094

71

2014

6171

77

2015

6263

92

 

Topografi dan Pertanian

Penggunaan lahan di Desa Manggung dibagi menjadi tanah sawah, tanah kering, bangunan, dan penggunaan lainnya. Tanah sawah mendominasi penggunaan lahan dengan luas 160,37 atau sekitar 37,97%. Tutupan lahan oleh bangunan belum terlalu tinggi yaitu seluas 84,25 ha atau sekitar 19,95% dari luas Desa Manggung. Dengan demikian maka masih banyak lahan yang masih dapat dimanfaatkan, khususnya untuk kegiatan pertanian. Dalam bentuk tabel, penggunaan lahan di Desa Manggung sebagai berikut:

No

Penggunaan Lahan

Luas

1

Tanah Sawah

160.3743

2

Tanah Kering

177.7557

3

Bangunan

84.25

4

Hutan Rakyat

-

5

Hutan Negara

-

6

Lainnya

-

 

Dari penggunaan lahan yang sebagian besar merupakan lahan pertanian maka hasil pertanian merupakan komoditi utama di Desa Manggung. Hasil pertanian di Desa Manggung dapat dibagi menjadi pertanian tanaman pangan, tanaman hortikultura, peternakan. Sisanya untuk penggunaan permukiman, sarana dan prasarana, perdagangan dan jasa yang berkembang disepanjang jalan kabupaten. Dengan melihat peta penggunaan lahan dokumen RDTR Kecamatan Ngemplak, Desa Manggung dapat dilihat sebaran penggunaan lahan yang ada.

Berdasarkan data dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Manggung 2013-2018, jumlah kepemilikan ternak sebagai berikut:

AYAM

KAMBING

SAPI

BEBEK

1205

1156

387

350


Kondisi Sosial Budaya

Desa Manggung merupakan desa dengan toleransi umat beragama yang tinggi dengan berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Dengan melihat data Kecamatan Ngemplak dalam Angka 2016 maka berdasar agama jumlah penduduk yang menganut agama Islam berjumlah 6.251 jiwa dan sisanya menganut agama lainnya (Kristen, Katolik, Budha).

Sebagian besar penduduk Desa Manggung bekerja sebagai petani/buruh tani, pengrajin / indutri kerajinan kayu, PNS, Guru dan pegawai swasta serta buruh pabrik / industri. Kelebihan atau keunikan yang mereka miliki, yang saat ini sangat sulit ditemukan terutama di perkotaan adalah jiwa sosial yang sangat tinggi. Antusiasme dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan berbagai pihak untuk kemajuan desa denga sukarela mereka hadiri. Jiwa gotong royong dan semangat saling membantu terhadap tetangga maupun warga lainnya ditunjukkan dengan keikutsertaan mereka secara sukarela ketika ada yang membutuhkan, ada yang memiliki “gawe” hingga pembangunan-pembangunan sarana umum, mereka dengan ikhlas menyumbangkan pikiran, tenaga, bahkan harta untuk memajukan desa. Meski tidak ada kegiatan budaya khusus tapi jiwa gotong royong dan semangat kebersamaan menjadi modal dan potensi yang bisa memajukan desa Manggung ke depannya

Sebagian besar penduduk Desa Manggung bekerja sebagai petani/buruh tani, pengrajin / indutri kerajinan kayu, PNS, Guru dan peawai swasta serta buruh pabrik / industri. Sebagian besar penduduk / masyarakat desa yang berpenghasilan rendah (MBR) adalah mereka yang bekerja sebagai buruh baik itu buruh tani maupun buruh pabrik.

Tingkat pendidikan penduduk Desa Manggung berdasarkan RPJM Desa 2013-2018 adalah sebagai berikut:

Tidak Tamat SD

SD

SMP

SMTA

SARJANA

1161

2463

1668

865

64

 

Berdasarkan mata pencaharian, berikut data jumlah mata pencaharian penduduk Desa Manggung berdasarkan data RPJM Desa 2013-2018

No

Mata Pencaharian

Jumlah

1

Petani

362 orang

2

Buruh Tani

345 orang

3

Pedagang dan pengrajin kayu

268 orang

4

Bengkel/ reparasi

13 orang

5

PNS/POLRI/TNI

52 orang

6

Karyawan Swasta

1434 orang

7

Tukang Kayu/ Tukang Batu

662 orang

8

Wiraswasta

305 orang

9

Tukang Jahit

87 orang

10

Karyawan Honorer

30 orang

11

Buruh Harian Lepas

721 orang

 

Klimatologis

Desa Manggung termasuk iklim tropis dengan intensitas hujan sekitar 22 milimeter/hari atau 2000 mm/tahun, Dengan suhu maksimum 37 derajat C sampai 20 derajat celcius.

Kondisi Geologis

Geologi Desa Manggung adalah jenis tanah grumosol kelabu yang merupakan tanah ber-mineral yang telah mempunyai perkembangan profil, solum tanah agak tebal, konsistensi bila basah sangat lekat dan  plastis,  bila  kering  sangat  keras  dan  retak-retak  karena  mempunyai  self mulching oleh kandungan lempung. Umumnya bersifat alkalis, permeabilitas lambat, dan peka erosi.

Kondisi  Topografi

Kondisi topografi  wilayah Desa Manggung  0 - 2 %  berkisar antara datar sampai berombak. Sebagian besar wilayah desa berada dipermukaan datar sehingga cocok untuk kegiatan pertanian, permukiman, perdagangan dan jasa.

Kondisi Geohidrologi    

Karena berada di dataran rendah maka kondisi air tanah di Desa Manggung masih bagus sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan sumur untuk kebutuhan air bersih sehari-hari.  Ditinjau dari kedalaman air tanah, Desa Mangung termasuk dalam   kategori akuifer berproduksi sedang, yaitu akuifer tidak menembus, tipis  dan keterusan  rendah. Muka air tanah umumnya dangkal, debit air sumur  umumnya kurang dari 5-10 liter/detik. Desa Manggung dilalui sungai yang berfungsi sebagai pengendali bencana banjir serta sebagai pembuangan dari saluran permukiman.

Di wilayah Kecamatan Ngemplak terdapat waduk Cengklik dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian akan tetapi terdapat wilayah-wilayah yang belum terintregrasi dengan irigasi sehingga masih mengandalkan air hujan untuk pertaniannya.