Beranda / Potensi Desa / Pengusaha Berjiwa Motivator
Pengusaha Berjiwa Motivator
Kamis 11 Mei 2017

Indonesia Sebagai negara berkembang sedang gencar melakukan pembangunan baik dalam bidang infrastruktur maupun sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan membuka berbagai jenis pelatihan tepat guna jumlah wirausaha meningkat sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Salah satu pengusaha yang melaksanakan program pemerintah itu adalah Sugeng Pramono. Pemilik usaha bengkel las asal Desa Manggung, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Pengusaha tiga puluh enam tahun ini awalnya hanya seorang karyawan bengkel yang kemudian termotivasi untuk membuka usaha bengkel sendiri di rumahnya lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Berbekal pengalaman dari tempat kerjanya selama lima tahun, Sugeng kini telah sukses sebagai penyedia jasa las pagar, pintu, kanopi. Tidak hanya jasa las, bengkel yang diberinya nama Marga Stellini kini melayani pembuatan pagar baru. Pelanggan dapat melampirkan gambar berikut ukurannya, untuk kemudian diproses di bengkel yang terletak di depan rumanya sendiri.

Proses pembuatan pagar diawali dengan pemotongan besi sesuai ukuran, kemudian dibentuk sesuai pesanan. Pengecatan dilakukan setelah semua besi tersambung yang dilanjutkan dengan proses pengecatan. Bahan baku yang biasa digunakan Sugeng untuk membuat sebuah pagar adalah besi holo dan besi siku.

Sugeng dan dua orang karyawannya, mampu membuat dua hingga tiga buah pagar besar dan mengerjakan hingga dua pintu setiap harinya. Sugeng kini mampu meraup omzet hingga enam juta rupiah setiap bulannya. Pelanggan tetapnya meliputi Jawa Tengah dan DIY bahkan pernah mendapatkan pesanan dari Irian Jaya.

Sugeng melengkapi bengkelnya dengan tiga mesin las milik sendiri. Dalam perjalan usahanya, Sugeng telah berulang kali mengganti karyawan karena Sugeng berniat menjadikan bengkelnya sebagai tempat belajar dan mencari pengalaman bagi para karyawannya untuk membuka bengkel sendiri dulu. Sugeng selalu teringat dengan masa lalunya sebagai karyawan yang kini berhasil membuka lapangan pekerjaan dari orang lain sehingga Sugeng berharap karyawannya mengikuti jejaknya.

Sugeng berharap agar pemerintah desa memberikan dukungan berupa pemberian modal bagi warga yang hendak membuka usaha, agar sumber daya manusia Desa Manggung dapat bermanfaat untuk kemajuan masyarakatnya. Jika Anda tertarik untuk memesan sebuah pagar besi yang cantik dan berkualitas, Anda dapat menghubungi Marga Stell Bengkel Las di nomor 081 567 781 888.

Potensi Desa LAINNYA
Koperasi Asa Pemotong Kayu
Kamis 11 Mei 2017
Si Juara Dari Manggung
Kamis 11 Mei 2017