Beranda / Berita / Ibu Berkarya Desa Sejahtera
Ibu Berkarya Desa Sejahtera
Jumat 26 Mei 2017

Manggung - Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan di PKK tingkat desa yang dihadiri oleh kader PKK, ketua RTdan RW,Selain kegiatan utama, PKK  Desa Manggung juga melaksanakan kegiatan rutin lainnya yang diadakan pada hari Senin, Jumat, dan Minggu. Kegiatan rutin PKK lainnya yakni Posyandu pada setiap tanggal 20.

Strategi PKK dalam upaya menjangkau sebanyak mungkin keluarga, dilaksanakan melalui “Kelompok Dasawisma”, yaitu kelompok 10 – 20 KK yang berdekatan. Ketua Kelompok Dasawisma dipilih dari dan oleh anggota kelompok. Ketua Kelompok Dasawisma membina 10 rumah dan mempunyai tugas menyuluh, menggerakkan dan mencatat kondisi keluarga yang ada dalam kelompoknya, seperti adanya ibu hamil, ibu menyusui, balita, orang sakit, orang yang buta huruf dan sebagainya. Informasi dari semuanya ini harus disampaikan kepada kelompok PKK setingkat diatasnya, yang akhirnya sampai di Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan.

Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak. Pembinaan tehnis kepada keluarga dan masyarakat dilaksanakan dalam kerjasama dengan unsur dinas instansi pemerintah terkait.Setiap bulan, PKK Desa Manggung rutin mengadakan  kegiatan. Salah satunya, pada tanggal 21 April 2017 lalu, yakni Sosialisasi Pencegahan Penyakit Demam Berdarah dan Penyakit Leptosirosis (yang disebabkan oleh kencing tikus). Sosialisasi ini dilaksanakan karena beberapa RW telah terjangkit wabah penyakit tersebut.