Beranda / Berita / Stok Sapi Cukup Untuk Hari Raya
Stok Sapi Cukup Untuk Hari Raya
Kamis 11 Mei 2017

Hari raya Idul Fitri dan Idul Adha masih cukup lama, namun pemerintah desa Manggung telah menyiapkan stok sapi yang cukup unutk menghadapi kedua hari raya tersebut. H. Mukiran, salah satu peternak sapi simetal yang terkenal di Desa Manggung terletak di Rt 01 Rw 05.

Kandangsapi milik H. Mukiran ini memiliki stok siap pakai sebanyak 25 ekor sapi jantan berjenis sapi metal dan sapi jawa. Apabila dalam sehari terjual tiga ekor sapi, maka pemilik akan langsung membeli tiga ekor sapi baru agar tidak kehabisan stok untuk para pelanggannya. Hal ini berlaku untuk jumlah penjualan kecil maupun besar. Keunggulan peternakan ini dibanding yang lain adalah kualitas daging yang padat dan harga yang sesuai dengan pasaran.

Mukiran mengaku telah mempersiapkan stok sapi lebih banyak lagi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan yang telah memesan jauh-jauh hari. Setidaknya, terdapat 40 hingga 50 ekor yang siap untuk kebutuhan menjelang bulan suci ramadhan, hari raya idul fitri, dan idul adha tahun ini.

Usaha penggemukan dan pembesaran sapi jantan ini telah dirintis Mukiran sejak 1986, ketika dirinya masih berusia sekitar tiga puluh tahunan. Ayah dari lima orang anak ini dulunya petani tradisional. Mukiran membeli seekor sapi di Pasar Wage untuk dijual kembali, begitu seterusnya. Laba demi laba yang dikumpulkan dapat membesarkan usahanya, hingga Ia mampu menyekolahkan anak-anaknya ke perguruan tinggi.

Mukiran memiliki hambatan dalam hal pembayaran dari konsumen. “Janjinya dibayar dua bulan, ternyata satu tahun baru lunas. Sudah biasa, Tapi ndak saya pikir,”, terang bapak berusia 59 tahun tersebut.

Peternakan ini dijalankan oleh dirinya sendiri, dibantu oleh anak bungsunya yang masih duduk di bangku kelas tiga STM. Kelak, putra bungsunya inilah yang akan meneruskan usaha peternakan tersebut. Hingga saat ini, peternakan sapi ini telah memiliki pelanggan tetapsampai ke Tuban Jawa Timur. Bagi Anda yang hendak memesan sapi metal dan jawa untuk berbagai kebutuhan, Anda dapat menghubungi nomor 081 2260 45719.